Inilah Posisi Tidur GERD yang Dianjurkan

Posisi tidur memiliki peran penting dalam penanganan penyakit asam lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), terutama bagi individu yang juga mengalami gangguan kecemasan dan insomnia. Pemilihan Posisi Tidur GERD yang tepat dapat membantu mengurangi gejala GERD dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

Posisi tidur yang dianjurkan untuk penderita GERD adalah tidur dengan posisi miring ke kiri. Dalam posisi ini, gravitasi membantu mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan. Posisi miring ke kiri juga memungkinkan lambung berada di bawah esofagus, mengurangi kemungkinan terjadinya refluks asam.

Posisi Tidur GERD yang kedua adalah mengangkat kepala dan bagian atas tubuh dengan menggunakan bantal tambahan juga dapat membantu mengurangi gejala GERD. Dengan posisi ini, gravitasi membantu menjaga agar isi lambung tetap berada di tempatnya dan tidak naik ke kerongkongan.

Beberapa orang mungkin lebih nyaman tidur dengan posisi miring ke kanan atau bahkan tidur telentang. Namun, untuk penderita GERD, tidur telentang dapat memperburuk gejala karena memungkinkan refluks asam lebih mudah terjadi.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Insomnia

Penting berkonsultasi dengan kami yang berpengalaman dalam menangani gangguan asam lambung dan GERD. Menjaga pola tidur yang teratur dan menghindari makan atau minum terlalu banyak sebelum tidur juga dapat membantu mengurangi gejala GERD.

Jika Anda atau orang yang Anda kenal mengalami gejala GERD yang mengganggu, segera hubungi narahubung Klinik Asam Lambung untuk konsultasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat. Kesehatan pencernaan yang optimal sangat penting untuk kualitas hidup yang baik.