Anda Penderita Gangguan Asam Lambung dan Kecemasan ?

Klinik Asam Lambung dan Kecemasan Blog 9 Cara Meredakan Asam Lambung Tanpa Obat

9 Cara Meredakan Asam Lambung Tanpa Obat

9 Cara Meredakan Asam Lambung Tanpa Obat

9 Cara Meredakan Asam Lambung Tanpa Obat – Beberapa perubahan gaya hidup patut dicoba sebelum menggunakan obat untuk mengendalikan refluks gastroesofagus. Jika Anda terdengar agak serak dan sakit tenggorokan, mungkin saja itu gejala pilek atau serangan flu. Tetapi jika Anda sudah mengalami gejala tersebut untuk beberapa waktu mungkin disebabkan bukan oleh virus tetapi oleh katup — sfingter esofagus bagian bawah Anda. Itu adalah otot yang mengontrol saluran antara kerongkongan dan lambung, dan ketika tidak menutup sepenuhnya, asam lambung dan makanan mengalir kembali ke kerongkongan. Istilah medis untuk ini adalah gastroesophageal reflux; aliran balik asam disebut refluks asam lambung.

Refluks asam lambung dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan suara serak dan mungkin benar-benar meninggalkan rasa tidak enak di mulut Anda. Ketika refluks asam lambung menghasilkan gejala kronis, itu dikenal sebagai gangguan refluks gastroesofagus, atau GERD. Gejala GERD yang paling umum adalah heartburn dan nyeri di perut bagian atas dan dada.

CARA MEREDAKAN ASAM LAMBUNG

Jika Anda mengalami episode heartburn berulang kali — atau gejala refluks asam lambung lainnya — Anda dapat mencoba yang berikut ini:

  1. Makan dengan porsi kecil dan perlahan. Saat perut sangat penuh, bisa terjadi lebih banyak refluks ke kerongkongan. Makan dalam porsi kecil lebih sering daripada tiga kali makan besar setiap hari.
  1. Hindari makanan tertentu. Orang dengan refluks asam lambung sangat dianjurkan untuk menghilangkan semua pemicu dari Refluks asam lambung, seperti mint, makanan berlemak, makanan pedas, tomat, bawang merah, bawang putih, kopi, teh, coklat, dan alkohol.
  1. Jangan minum minuman bersoda. Jenis minuman ini membuat diri Anda bersendawa, yang pada akhirnya mengirimkan asam lambung ke kerongkongan.
  1. Pastikan Tidak tidur setelah makan. Saat Anda berdiri, atau bahkan duduk, gaya gravitasi membantu menjaga asam lambung tetap berada di perut, tempatnya berada.  Pastikan selesaikan makan tiga jam sebelum tidur.
  1. Jangan bergerak terlalu cepat. Hindari olahraga berat selama beberapa jam setelah makan. Jalan-jalan setelah makan malam baik-baik saja, tetapi olahraga yang lebih berat, terutama jika melibatkan membungkuk, dapat membuat asam lambung ke kerongkongan Anda.
  1. Tidur miring. Idealnya, kepala Anda harus 6 hingga 8 inci lebih tinggi dari kaki Anda. Anda dapat mencapainya dengan menggunakan penyangga tempat tidur “ekstra tinggi” pada kaki yang menopang kepala tempat tidur Anda.
  1. Turunkan berat badan jika disarankan. Peningkatan berat badan menyebarkan struktur otot yang menopang sfingter esofagus bagian bawah, menurunkan tekanan yang menahan sfingter agar tetap tertutup. Ini menyebabkan refluks dan heartburn.
  1. Jika Anda merokok, berhentilah. Nikotin dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah.
  1. Periksa obat Anda. Beberapa — termasuk estrogen pascamenopause, antidepresan trisiklik, dan obat penghilang rasa sakit antiinflamasi dapat mengendurkan sfingter, sementara yang lain — terutama bifosfonat seperti alendronate (Fosamax), ibandronate (Boniva), atau risedronate (Actonel), yang digunakan untuk meningkatkan kepadatan tulang— dapat mengiritasi kerongkongan.

 

Jika langkah-langkah ini tidak efektif atau jika Anda mengalami keluhan yang bertambah atau kesulitan menelan, temui tenaga kesehatan di Klinik Asam Lambung Dan Kecemasan Anda untuk menyingkirkan penyebab lainnya. Anda mungkin juga memerlukan perubahan gaya hidup.

1 thought on “9 Cara Meredakan Asam Lambung Tanpa Obat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

error: Content is protected !!