Anda Penderita Gangguan Asam Lambung dan Kecemasan ?

Klinik Asam Lambung dan Kecemasan Blog Cara Mengobati GERD Dengan Akupunktur

Cara Mengobati GERD Dengan Akupunktur

Cara Mengobati GERD Dengan Akupunktur

Cara Mengobati GERD Dengan Akupunktur – Refluks asam lambung merupakan hal yang paling sering terjadi Heartburn adalah gejala GERD (gastroesophageal reflux disease) yang paling umum dan sering terjadi, sebuah penyakit kronis di mana isi perut bergerak ke atas ke kerongkongan, mengiritasi lapisan pipa makanan dan menyebabkan rasa sakit seperti terbakar di dada, di antara gejala lainnya.

Diperkirakan setidaknya 2jt orang dewasa di Indonesia mengalami gejala GERD di dalam hidup mereka,  sehingga menjadikan GERD salah satu gangguan pencernaan yang paling sering didiagnosis di Indonesia.

Jika seseorang sering mengalami gejala GERD, dokter biasanya akan mencoba mengobati refluks asam lambung dengan obat yang disebut penghambat pompa proton (PPI) dan perubahan gaya hidup. Namun, dalam banyak kasus, pasien akan terus menderita dengan gejala di luar nyeri dada dan regurgitasi, seringkali bersamaan dengan keluhan pencernaan umum lainnya seperti dispepsia (gangguan pencernaan) , IBS (sindrom iritasi usus besar) .

Terapi Akupunktur menawarkan tindakan untuk mengatasi refluks asam lambung serta banyak gangguan pencernaan lainnya. Perawatan akupunktur telah terbukti lebih efektif daripada obat untuk meredakan heartburn. Akupunktur dan obat alami herbal untuk sakit maag memberikan hasil positif jangka panjang untuk gejala GERD dengan membantu mengatasi gangguan pencernaan pada dasarnya.

GEJALA ASAM LAMBUNG

Penyakit gastroesophageal reflux ditandai terutama oleh aliran balik cairan pencernaan ke kerongkongan. Ketika ini terjadi secara teratur dari waktu ke waktu, dapat merusak lapisan kerongkongan dan menyebabkan masalah lain. Sensasi “heartburn” adalah gejala refluks asam lambung yang paling umum diketahui, tetapi mungkin saja bagi sebagian orang mengalami GERD namun tidak mengalami sensasi terbakar ini.

GERD dapat terjadi dengan cairan pencernaan non-asam lainnya dan mungkin tidak menyebabkan jenis rasa sakit yang disebabkan oleh asam lambung. Gejala GERD meliputi:

  • Sesak di dada, lebih buruk setelah makan dan berbaring
  • Nyeri dada, bahkan saat Anda belum makan
  • Kesulitan menelan, mual
  • Regurgitasi makanan atau cairan asam
  • air liur berlebihan
  • Sensasi adanya benjolan di tenggorokan
  • Kelebihan gas di perut dan kembung
  • Intoleransi makanan dan minuman tertentu
  • Bau mulut, atau rasa asam yang konstan di mulut
  • Suara serak atau radang tenggorokan
  • Kebutuhan konstan untuk membersihkan tenggorokan
  • Kering kronis, sakit tenggorokan
  • Sensasi terbakar di mulut
  • Peradangan pada gusi dan masalah gigi lainnya

Gejala refluks asam lambung dapat muncul bersamaan dengan gejala lain seperti sakit perut, dan kram perut. Ini mungkin gejala tukak lambung, gejala gastritis, atau tanda-tanda dispepsia, karena dua atau lebih masalah pencernaan ini sering terjadi bersamaan.

PENYEBAB HEARTBURN

Meskipun tidak ada satu pun penyebab GERD yang jelas , biasanya berhubungan dengan fungsi sfingter esofagus bagian bawah (LES) , cincin otot yang memisahkan kerongkongan dari lambung. LES, ketika bekerja dengan benar, memungkinkan makanan yang dikunyah masuk ke perut, lalu menutup untuk mencegah materi dari perut mengalir ke atas. Saat sfingter ini mengendur atau melemah, isi perut bisa menembus penghalang ini. Ini bisa terjadi karena kehamilan atau kelebihan berat badan di perut yang mendorong organ-organ ini ke atas. Kadang-kadang mungkin karena hernia hiatus, yang dapat menyebabkan perut bagian atas dan LES mendorong otot diafragma ke area dada.

Heartburn dapat dipicu dengan makan makanan pedas atau asam, dengan merokok atau menghirup asap rokok, atau penggunaan aspirin atau ibuprofen, serta beberapa obat tekanan darah. Jika menjauhkan diri dari pemicu ini tidak membantu, pasien dapat dirujuk ke ahli gastroenterologi untuk pengujian investigasi untuk menentukan masalahnya. Endoskopi saluran GI bagian atas dapat menunjukkan apakah ada hernia hiatus, tukak lambung, atau kerusakan kerongkongan.

PENGOBATAN ASAM LAMBUNG

Banyak orang menggunakan antasida yang dijual untuk meredakan heartburn. Ini dapat membantu meringankan sensasi terbakar untuk sementara, tetapi sering mengkonsumsi antasida sebenarnya dapat memperburuk masalah dengan menciptakan lebih banyak asam lambung.

Penghambat histamin (H2) seperti Pepcid dan Zantac dapat membantu mengurangi produksi asam, tetapi tidak bekerja untuk semua orang. PPI (seperti Prevacid, Prilosec, dan Nexium) bekerja dengan menghalangi produksi asam lambung. Obat GERD ini dapat membantu menyembuhkan tukak lambung dan mengurangi refluks asam, tetapi ada kekurangannya. Obat ini sangat mahal, dan banyak orang akhirnya menggunakannya setiap hari. PPI juga menghambat keluaran enzim tertentu, yang menciptakan interaksi negatif dengan obat penyakit jantung biasa. Mereka juga dapat mengurangi penyerapan kalsium di saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan tulang lebih lemah dan meningkatkan risiko patah tulang. PPI juga dapat memengaruhi fungsi ginjal dan meningkatkan jumlah bakteri di perut; jika bakteri ini naik ke area dada karena refluks, ia dapat masuk ke paru-paru dan menyebabkan risiko pneumonia dan infeksi pernapasan lainnya yang lebih tinggi.

Asma dan GERD sering dianggap sebagai kondisi yang saling berhubungan, karena refluks asam lambung dapat mengiritasi jaringan yang memicu serangan asma, sedangkan serangan asma dapat menyebabkan kelemahan pada LES yang memicu refluks. Obat asma seperti teofilin juga dapat menyebabkan serangan heartburn. Orang yang menderita GERD dan asma perlu mengelola kedua kondisi tersebut secara bersamaan.

Obat resep yang disebut prokinetik menyebabkan perut kosong lebih cepat, mengurangi kemungkinan refluks. Namun, mereka juga dapat menyebabkan efek samping seperti mual, diare, kelelahan, kecemasan dan depresi, serta memiliki kontraindikasi dengan resep lainnya.

Semua perawatan medis ini berfokus pada asam lambung yang menyebabkan heartburn. Saat ini, tidak ada pengobatan konvensional yang membantu mengembalikan fungsi normal LES. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan akupunktur, selain membantu mengatur sekresi lambung, dapat membantu memperkuat fungsi motorik LES.

AKUPUNKTUR DAN HERBAL UNTUK GERD

Pengobatan Tradisional Cina (TCM) adalah sistem pengobatan holistik yang sudah ada pada lebih dari 3000 tahun. Dalam TCM, semua masalah kesehatan dipandang sebagai ketidakseimbangan yang disebabkan oleh penyumbatan Qi (energi kekuatan hidup) di dalam tubuh. Gangguan pada sistem organ sering dikaitkan dengan gangguan emosi.

Menurut TCM, refluks asam lambung dan masalah pencernaan lainnya dipengaruhi oleh stres dan kecemasan. Perasaan khawatir, frustrasi, dan kemarahan jangka panjang yang berkelanjutan memengaruhi hati, limpa, dan lambung, meningkatkan keasaman dan peradangan pada sistem organ ini.

Baca Juga : Menjaga Kesehatan Lambung Saat Puasa.

Perawatan akupunktur untuk GERD berfokus pada menenangkan kecemasan, dan memulihkan aliran Qi ke bawah, sambil mengencangkan perut dan LES untuk meningkatkan fungsi motoriknya. TCM menggunakan formulasi herbal, dikembangkan selama berabad-abad, untuk mendukung berfungsinya organ dalam pada tingkat nutrisi yang dalam. Obat herbal untuk refluks asam lambung dalam TCM bekerja untuk meningkatkan lendir yang sehat di kerongkongan, menenangkan dan menyembuhkan kerusakan akibat asam lambung.

Seorang ahli akupunktur juga cenderung bertanya tentang kebiasaan makan, karena makanan tertentu cenderung menjadi bagian dari masalah. Bekerja sama dengan praktisi TCM yang berkualifikasi untuk merencanakan perubahan gaya hidup yang bermakna, khusus untuk setiap individu, juga akan membantu mengatasi sakit maag, sakit perut, dan gangguan pencernaan.

AKUPUNKTUR TERBAIK DI DEKAT SAYA UNTUK MENGHILANGKAN HEARTBURN

Perawatan akupunktur untuk heartburn adalah pengobatan refluks asam lambung yang aman dan efektif. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal menderita GERD, sakit perut, atau gejala maag, kami harap Anda tidak ragu untuk mencari ahli akupunktur di daerah Anda salah satunya di Klinik Asam Lambung Dan Kecemasan untuk menjadwalkan konsultasi awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

error: Content is protected !!